Show Menu 2

5/6/20

Perbedaan Fables, Fairy Tale, Folktales, Myths and Legends

iTapuih.com - Contoh Pidato Bahasa Inggris Tentang Adventure dan Terjemahannya. Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang perbedaan Fables, Fairy Tale, Folktales, Myths and Legends. Itu semua merupakan sub cerita atau jenis cerita yang ada pada Narrative text. Sebaimana kit ketahui jenis text atau cerita ini sangat menghibur dan memiliki tujuan instruktif dalam pendidikan. Sebenarnya ke enam jenis cerita tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Mitos, legenda, dongeng, dan cerita rakyat adalah jenis cerita yang awalnya disampaikan dari mulut ke mulut, tetapi sekarang ditemukan secara tertulis. Mereka memiliki perbedaan, mulai dari menjelaskan dunia alam hewan dan menyampaikan pelajaran hidup, hingga peristiwa yang berlebihan dan orang-orang yang berakar dalam sejarah. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut ini.


Fables

Fables adalah cerita yang biasanya menampilkan binatang atau hewan dalam ceritanya (nyata atau mitos) yang mana binatang atau hewan dalam cerita tersebut diberikan kualitas mirip manusia untuk menyampaikan pesan moral kepada pembaca. Beberapa contoh fables adalah sebagai berikut: The Owl and The Grasshopper, The Gnat and The Bull, The Sheep and The Pig dan masih banyak lagi contoh lainnya yang bisa anda cari pada blog ini.

Salah satu dongeng paling terkenal di Barat dan sering dikaitkan dengan Aesop adalah kisah 'The Rabbit and the Turtle (Kura-kura dan Kelinci)'. Jika Anda ingat plotnya, kelinci cepat dan kura-kura lambat ambil bagian dalam perlombaan. Kelinci, yakin akan kemenangannya, memutuskan untuk tidur siang di bawah pohon rindang. Kelinci itu terlelap, dan akhirnya kura-kura menang, dan kita diingatkan dengan pesan moral. Jangan pernah menganggap remeh orang lain, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kesombongan akan kalah dengan kerendahan hati .

Fairy Tale

Kita semua pernah atau bahkan sering mendengar Fairy Tale, dan banyak dari kisah masa kecil favorit kita termasuk dalam kategori ini. Fairy Tale adalah jenis dongeng berisi peri, putri duyung, dan keajaiban-keajaiban dunia peri lainnya. Dalam cerita kita disuguhkan dengan elemen-elemen yan fantastis atau kejadian magis lainnya, seperi cerita seorang gadis bisa tidur selama 100 tahun, atau labu bisa berubah menjadi kereta. Beberapa contoh fairy tale lainnya seperti: Cinderella, Pinokio dan Snow White.

Folktales

Folktales adalah cerita rakyat yang juga berasal dari tradisi lisan, diturunkan oleh 'rakyat' pada zaman dahulu dan diceritakan kembali kepada mereka yang hidup pada zaman sekarang ini. Istilah 'cerita rakya' dikenal juga dengan istilah dongeng, karena cerita rakyat dapat memiliki pelajaran dan pesan moral di akhir ceritanya. Cerita rakyat sering menampilkan orang sebagai karakter utama mereka, tetapi seringkali dengan twist. Misalnya, kisah-kisah seperti Paul Bunyan and Babe the Blue Ox, Seeking the great wall, The American cowboy Pecos Bill lassoing a tornado dan Ali baba. Folktales ada di setiap negara, setiap negara memiliki cerita rakyat sendiri, Indonesia memiliki cerita rakyat yang terkenal seperti Sngkuriang dan Timun mas. Terkadang, beberapa negara memiliki kisah tradisional yang sangat mirip. Seperti kisah 'Stone Soup', diceritakan di seluruh dunia. Cerita rakyat 'Stone Soup' ini memberi kita pesan atau pelajaran hidup agar orang-orang untuk bekerja sama, berbagi sumber daya mereka dan menunjukkan keramahan kepada yang membutuhkan di antara mereka.

Myths

Mitos bercerita tentang kejadian alam semesta, dunia dan para makhluk yang menghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural serta lain sebagainya. Mitos adalah cerita dari setiap budaya yang selama berabad-abad telah menjelaskan fenomena alam dan menjawab pertanyaan orang tentang kondisi manusia, kisah asal dan penciptaan, kisah tentang kehidupan, kematian, dan kehidupan setelah kematian. Mitos muncul sebagai catatan kejadian sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi untuk kejadian alam atau juga suatu penjelasan mengenai ritual. Karena alasan inilah mitos adalah kisah sakral dan religius bagi orang-orang yang memercayainya. Cerita seperti Nyai Roro Kidul Batu Menangis dan Ratu Pantai Selatan.

Legends

Berbeda dengan jenis cerita lain yang ditampilkan di sini, legenda didasarkan pada sejarah, bahkan beberapa orang meyakini kebenaran cerita tersebut walaupun tidak didukung oleh fakta dan logika. Legenda tidak menjelaskan misteri dunia seperti mitos, juga tidak menggunakan hewan untuk menyampaikan pesan moral dalam cerita tersebut. Legenda adalah kisah di ujung realitas, sering menampilkan keajaiban atau peristiwa luar biasa. Salah satu legenda yang sangat terkenal adalah Robin Hood, yang kisahnya ia mengambil harta dari orang kaya dan memberikannya kepada orang miskin. Dari Indonesia sendiri ada beberapa legenda yang sangat terkenal seperti Malin kundang, Candi Prambanan legend dan Telaga warna.

Semua jenis cerita di atas mengandung narasi yang jelas yang mengidentifikasi baik dan jahat, namun cerita-cerita terebut tetap menjadi fondasi cerita anak-anak dan dicintai di antara banyak penulis klasik dan kontemporer.

ADD YOUR COMMENT:

 
English Updates
Copyright © 2020 Paja Tapuih